PERTANYAAN SEPUTAR KELOMPOK 3 PEMETAAN TEORETIS PENELITIAN BAHASA DAN PENELITIAN SASTRA

 

PERTANYAN UNTUK KELOMPOK 3

PENELITIAN BI DAN PENGAJARANNYA

 

Nama                           : Alfa Julia

NIM                            : 18188201008

Kelas                           : PBSI 2018 A

Mata Kuliah                : Penelitian BI dan Pengajarannya

Dosen Pengampuh      : Dr. Bayu Firmansyah, S.S., M.Pd

Hari / Tanggal             : Senin, 29 Maret 2021

Univerisitas                : Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan

 

Pertanyaan

1.     Dalam pemetaan bahasa terdapat kaidah ilmiah yang dapat digunakan untuk mengatasi tidak pastian dan ketidak jelasan. Kaidah ilmiah yang bagaimana dalam pemetaan bahasa?

2.     Bagaimana kah hasil penelitian geografi dialek yang di lakukan di Indonesia dipelopori oleh Teeuw pada tahun 1951?

3.     Bagaimana kah penelitian Mazhab Prancis yang digunakan dalam menangani kebahasaan di Indonesia?

4.     Sebutkan 25 karya penelitian geografi dialek yang dilaksanakan sebagai hasil penataran itu!

5.     Jelaskan setiap poin dalam langkah strategis yang diambil oleh Mahsun, 2005!

6.     Jelaskan poin ke 3 dari manfaat penelitian bahasa dan dialek, yang berbunyi “diharpkan pengetahuan tersebut dapat diharapkan untuk dijadikan salah satu dasar untuk pembinaan dan pengembangan bahasa dengan modal saling mengerti di antara sesama pemakai bahasa”!

7.      Apa yang dimaksud dengan dialektologi dan linguistik historis komparatif?

8.    Berapa jumlah daerah dan dialek yang ada di Indonesia sampai saat ini? apakah ada perkembangan?

9.     Mengapa istilah “penelitian” diganti menjadi “pembicaraan”?

10.   Apa yang dimakausd dengan distansi kerja yang objektif?

 

SELESAI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS KEPRIBADIAN PENGARANG PADA MUSIKALISASI PUISI SAPARDI DJOKO DAMONO – HUJAN BULAN JUNI dan L MACHALI – PESISIR SANG KEKASIH

BIODATA ALFA JULIA-SMK PGRI 2 PASURUAN

PERTANYAAN KELOMPOK 9 ANGGAPAN DASAR DAN HIPOTESIS SERTA MERUMUSKAN ANGGAPAN DASAR DAN HIPOTESIS