MEMAHAMI MASALAH PENELITIAN, JUDUL PENELITIAN, DAN MERUMUSKAN JUDUL SESUAI DENGAN MASALAH : ANALISIS KESALAHAN MAKNA DAN KEBAHASAAN PADA PENULISAN TEKS BIOGRAFI SISWA SMA KELAS I SEMESTER II

 

MEMAHAMI MASALAH PENELITIAN, JUDUL PENELITIAN, DAN MERUMUSKAN JUDUL SESUAI DENGAN MASALAH : ANALISIS KESALAHAN MAKNA DAN KEBAHASAAN PADA PENULISAN TEKS BIOGRAFI SISWA SMA KELAS I SEMESTER II

 

Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Penelitian BI dan Pengajarannya

 

Dosen Pembimbing:

Dr. Bayu Firmansyah, S.S., M.Pd




Disusun oleh

Kelompok 5 :

 

1.      Seta Pratama Whiharja        (17188201024)

2.      Muhammad Afifi H.           (18188201006)

3.      Alfa Julia                             (18188201008)

4.      Siti Nur Salama                   (18188201010)

 

PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

ANGKATAN 2018 A

FAKULTAS PEDAGOGI DAN PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PGRI WIRANEGARA PASURUAN


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat-Nya sehingga penelitian ini dapat tersusun hingga selesai. Tidak lupa kami juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik materi maupun pikiran.

            Dan harap kami semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca. Untuk kedepannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.

            Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini. Oleh karena itu kami sangat mengharap saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

 

 

 

Pasuruan,     April 2021

 

                                                                                    Penyusun

 

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR..................................................................................................... i

DAFTAR ISI.................................................................................................................... ii

BAB I PENDAHULUAN................................................................................................ 1

1.1     LATAR BELAKANG............................................................................................. 1

1.2     RUMUSAN MASALAH........................................................................................ 1

1.3     TUJUAN.................................................................................................................. 1

1.4     METODE PENELITIAN........................................................................................ 2

BAB II KAJIAN TEORI................................................................................................. 3

2.1     PENGERTIAN MASALAH PENELITIAN.......................................................... 3

2.2     PENGERTIAN JUDUL PENELITIAN................................................................. 3

2.3     RUMUSAN JUDUL SESUAI MASALAH........................................................... 4

2.4     PENGERTIAN TEKS BIOGRAFI........................................................................ 5

BAB III ANALISIS.......................................................................................................... 6

3.1     DATA ANALISIS................................................................................................... 6

3.2     PEMBAHASAN DATA ANALISIS..................................................................... 6

BAB IV PENUTUP......................................................................................................... 8

4.1     KESIMPULAN....................................................................................................... 8

4.2     SARAN.................................................................................................................... 8

DAFTAR PUSTAKAN.................................................................................................. 10

 


BAB I

PENDAHULUAN

1.1       LATAR BELAKANG

Tak jarang kita menemukan hasil penelitian dan peneliti-peniliti di belahan dunia ini. Penelitian bisa berupa penelitian bahasa, penelitian tentang usia, dan sebagainya. Namun tak banyak masyarakat yang tertarik untuk membaca hasil penelitian yang dilakukan.

Dikarenakan tidak adanya kesesuaian antara judul dan masalah yang diangkat dalam penulisan penelitian. Hal itu akan membuat masyarakat enggan membaca dan mendapatkan kesulitan referensi. Padahal judul ditulis dengan keseuaian masalah yang didapat dari penelitian yang dilakukan.

Makalah ini penulis akan mengajak para pembaca untuk memahami tentang masalah penelitian, judul penelitian, dan merumuskan judul sesuai dengan masalah penelitian. Tak hanya itu saja, penulis juga mencantumkan hasil penelitian yang dilakukan yaitu tentang analisis kesalahan makna dan kebahasaan pada penulian teks biografi yang dilakukan oleh anak SMA kelas 1 semester 2.

 

1.2       RUMUSAN MASALAH

1.      Apa yang dimaksud dengan masalah penelitian?

2.      Apa yang dimaksud dengan judul penelitian?

3.      Bagaimanakan meruskan judul dari masalah penelitian?

4.      Apa yang dimaksud dengan teks biografi?

5.      Bagaimanakah analisi yang dilakukan kepada anak SMA kelas 1 semester 2 tentang penulisan teks biografi?

 

1.3       TUJUAN

1.      Pembaca mampu memahami pengertian masalah penelitian.

2.      Pembaca mampu memahami pengertian judul penelitian.

3.      Pembaca mampu merumuskan judul sesuai masalah penelitian.

4.      Pembaca dapat memahami pengertian teks biografi.

5.      Pembaca dapat memahami bagaimana penulisan teks biografi yang dilakukan oleh anak SMA kelas 1 semester 2.

 

1.4       METODE PENELITIAN

Metode penelitian merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Terdapat empat kunci yang perlu diperhatikan yaitu, cara ilmiah, data, tujuan, dan kegunaan. Cara ilmiah berarti kegiatan penelitian didasarkan pada ciri-ciri keilmuan, yaitu rasional, empiris, dan sistematis. Data yang diperoleh melalui penelitian adalah data empiris yang mempunyai kriteria tertentu yaitu valid. Valid menunjukkan ketepatan antara dua dat yang sesungguhnya terjadi pada objek dengan data yang dapat dikumpulkan oleh peneliti.Setiap penelitian memiliki tujuan dan kegunaan tertentu. Tujuan  penelitian memiliki tiga macam yaitu, bersifat penemuan, pembuktian, dan pengembangan.

Dalam penelitian yang dilakukan pada kelompok menggunakan metode penelitian kualitatid. Metode kualitatif adalah metode penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah, disebut juga sebagai metode etnopgraphi, karena pada awalnya metode ini lebih banyak digunakan untuk penelitian bidang antropologi budaya; disebut juga sebagai metode kualitatif, karena data yang terkumpul dan analisisnya lebih bersifat kualitatif.

Metode kualitatif digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data yang mengandung makna. Makna adalah data yang sebenarnya, data yang pasti yang merupakan suatu nilai di balik data yang tampak. Metode kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, dimana penelitian adalah sebagai intrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara trangulasi, analisis data bersifat induktif / kualitatif, dan hasil penelitian kualitataif lebih menekankan makna dari pada generelisasi  (Sugiyono, 2016).

  

BAB II

KAJIAN TEORI

2.1       PENGERTIAN MASALAH PENELITIAN

Masalah penelitian secara umum dapat diartikan sebagai suatu kesenjangan antara yang seharusnya dengan apa yangg terjadi tentang suatu hal, atau antara kenyataan yang ada dengan yang seharusnya ada serta antara harapan dan kenyataan.

Menurut  (Stoner, 1982) masalah-masalah dapat diketahui atau dicari apabila terdapat penyimpangan antara pengalaman dengan kenyataan, antara apa yang direncanakan dengan kenyataan, adanya pengaduan, dan kompetensi. menurut  (Brata, 1995) masalah merupakan kesenjangan antara harapan dengan kenyataan, antara kebutuhan dengan yang tersedia, antara yang seharusnya dengan yang ada. Penelitian dimaksudkan untuk menutup kesenjangan.

Menurut John Dewey dan Kerlinger secara terpisah memberikan penjelasan mengenai masalah berupa kesulitan yang dirasakan olehorang awam maupun seorang penliti. Kesulitan ini menghalangi tercapau sebuah tujuan baik itu tujuan individu maupun kelompok. Masalah dalam penelitian dieskpresikan dalam bentuk kalimat tanya bukan kalimat pertanyaan.

Dapat disimpulkan bahwa masalah penelitian adalah pernyataan menganai keterkaitan antara dua atau lebih variabel yang penemuan jawabannya dilakukan dengan melakukan bukti – bukti  (Syamsi, 2016).

 

2.2       PENGERTIAN JUDUL PENELITIAN

Judul penelitian merupakan pencerminan dari tujuan penelitian. Oleh karena tujuan penelitian itu dirumuskan dari masalah penelitian, atau dengan kata lain, tujuan penelitian itu merupakan merupakan jawaban sementara dari pertanyaan-pertanyaan penelitian, maka judul penelitian juga mencerminkan masalah penelitian di dalam merumuskan sebuah judul.

Judul penelitian merupakan identitas atau cermina jiwa dari sebuah penelitian. Judul penelitian berupa kalimat pertanyaan ayang terdiri dari kata-kata yang konkrit, jelas, seingkat, deskriptif (berkaitan atau berurutan). Dalam membuat judul penelitian hendaknya bersifat menjelaskan diri, menarik sehingga orang langsung dapat menduga materi dan masalah apa yang akan diteliti, dapat memberikan gambaran global tentang arah, maksud, tujuan, dan ruang lingkup penelitian. Judul penelitian pada hakekatnya merupakan gambaran conceptual framework suatu penelitian.

Fungsi utama dari judul penelitian bagi penulis atau peneliti adalah sebagai kompas dalam melakukan penelitian. Sedangkan bagi pembaca, fungsi utama judul penlitian adalah menunjukkan hakekat daripada objek penelitian, wilayahnya serta metode yang dipergunakan dalam melakukan penelitian atau menyusun tulisan.

Syarat-syarat dari judul harus bisa menarik minat peneliti, judul yang menarik dan dimintai oleh peneliti akan memberikan motivasi tersendiri bagi penliti untuk melakukan penelitihan selanjutnya. Mampu dilaksanakan oleh peneliti yaitu judul yang mudah dilaksanakan oleh penliti akan memperlancar dalam proses penelitian sehingga hambatan selama dalam penelitian dapat diatasi dengan mudah, mengandung kegunaan praktis dan penting untuk diteliti. Judul seharusnya dapat dimanfaatkan dalam pengembangan ilmu dan hasilnya dapat memberikan manfaat bagi masyarajat. Cukup tersedia data. Judul hendaknya memungkingkan tersedianya data yang dapat memudahkan para peneliti sehingga tidak membebani dalam proses  (Erika).

 

2.3       RUMUSAN JUDUL SESUAI MASALAH

Perumusan masalah merupakan titik tolak bagi perumus hipotesis nantinya, dan dari rumusan masalah dapat menghasilkan topik penelitian atau judul dari penelitian. Umunya rumusan masalah harus dilakukan dengan kondisi berikut :

a)      Masalah biasanya dirumuskan dalam bentuk pertanyaan

b)      Rumusan hendaklah jelas dan padat

c)      Rumusan masalah harus berisi implikasi adanya data untuk memecahkan masalah

d)     Rumusan masalah harus merupakan dasar dalam membuat hipotesis

e)      Masalah harus menjadi dasar bagi jusul penelitian

Dalam memilih masalah, perlu dihindari masalah serta rumusan masalah yang terlalu umum, terlalu sempit, terlalu bersifat lokal ataupun terlalu argumentatif.

Variabel-variabel penting dalam rumusan masalah harus diperhatikan benar-benra. Ada dua jalan untuk memformulasikan masalah. Pertama, dengan menurunkan masalah dari teori yang telah ada, seperti masalah pada penelitian eksperimental. Cara lain adalah dari observasi langsung di lapangan seperti yang sering dilakukan oleh ahli-ahli sosiologi. Jika masalah diperoleh di lapangan, maka sebaiknya juga menghubungkan masalah tersebut dengan teori-teori yang telah ada, sebelunya masalah tersebut diformulasikan. Ini bukan berarti bahwa penelian yang tidak didukung oleh suatu teori tidak berguna sama sekali, karena ada kalanya penelitian tersebut dapat menghasilkan dalil-dalil dan dapat membentuk sebuah teori.

Masalah sebenarnya adalah hal yang pertama dipikirkan oleh peneliti-peneliti ketika merencanakan proek penelitiannya. Walaupun di atas kertas, yang pertama muncul adalah judul dan pendahuluan, tetapi yang lebih dahulu timbul pada penelitian adalah masalah penelitian  (Rokhman, 2019).

 

2.4       PENGERTIAN TEKS BIOGRAFI

Teks biografi adalah suatu tulisan yang mengulas mengenai kehidupan seseorang atau cerita hidup seseorang selama ia masih hidup. Biografi singkat hanya mengulas mengenai kenyataan-kenyataan yang terjadi di dalam kehidupan seseorang dan fungsi pentingnya kepada lingkungan. Biografi ialah suatu buku yang menjelaskan peristiwa-peristiwa yang sedang atau telah dialami oleh seseorang.

Melalui biografi itu kita bisa menemukan sebuah komunikasi atau hubungan, selain dari menemukan sebuah hubugan, kita juga bisa mendapatkan keterangan atau juga penjelasan dari suatu tindakan dan juga misteri yang meliputi kehidupan seseorang  (Kurniawan, 2021).

 

BAB III

ANALISIS

Penelitian bertumpuh pada KI 3 (Pengetahuan) yang berbunyi "Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi , seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menrapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah",  KD Bahasa Indonesia SMA Kelas 10, yaitu KD 3.15 yang berbunyi “Menganalisis Aspek Makna dan Kebahasaan dalam Teks Biografi”. KI dan KD SMA kelas 1 semester 2 ini masuk ke dalam K13. Dalam pelakasanaan penelitian, kelompok mengambil 1 siswa SMA kelas 10 semester 2. Dalam penelitian, kelompok menggunakan metode kualitatif. Proses penelitian yang dilakukan :

1.      Bertanya terlebih dahulu kepada siswa apakah dia tahu tentang teks biografi dan diminta untuk menjelaskannya

2.      Siswa diminta untuk membuat teks biografi tentang diri sendiri

3.      Hasil dari penulisan teks biografi di cek dan apabila ada kesalahan maka diminta kembali untuk membuat teks biografi orang lain. Bisa dari orang tua, kerabat, dan sebagainya yang mereka kenal.

4.      Dalam penyampaian kesalahan, kelompok menggunakan metode ceramah. Hal itu tijukan untuk memberitahui bagian mana saja yang salah dan bagaimana yang benar. Pastinya pembenaran yang berhubungan dengan makna dan kebahasaan.

5.      Setelah membuat teks biografi yang kedua, tulisan akan di cek dan apabila tidak ada kesalahan maka dapat dipastikan siswa tersebut telah faham bagaimana menulis teks biografi terutama dari segi makna dan kebahasaan.

 

3.1      DATA ANALISIS

BIOGRAFI FERNANDA NUR AZZAHRA

Ferannda Nur Azzahra, dia adalah seorang pelajar SMA Negeri 4 Pasuruan. Sebagai pelajar kelas 10, dia mengikuti organisasi ambalan dan saka bhayangkara. Dia lahir pada tanggal 20 Februari 2005, tepatnya di Pasuruan. Meskipun begitu, dia pernah sekolah di SMP 8 Pasuruan. Saat SMP dia sering mengikuti olimpiade matematika.

 
 

 

 

 

 

 


Penulisan pertama

 

 

 

 

 

BIOGRAFI FAWATIHUL ISNAYNI LAILA

Fawatihul Isnayni Laila, lahir di Pasuruan, 29 September 1997. Jenjang pendidikan yang dia ikuti yaitu, SD, SMP, MA, Kuliah. Dia pernah sekolah di SD Ngeri Tembokrejo 2, SMP Negeri 2, dan MA Negeri Kota Pasuruan. Semasa sekolah dia tidak suka mengikuti organisasi dan perlombaan. Setelah MA, dia melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi di Universitas Malang. Saat ini status dia adalah pekerja.

 
 

 

 

 

 

 

 

 


Penulisan Kedua

 

3.2       PEMBAHASAN DATA ANALISIS

Dari analisis penulisan teks biografi yang dilakukan siswa pertama pada penulisan pertama dan Penulisan Kedua, tidak ada kesalahan dalam segi makna, namun memiliki kesalahan dalam segi kebahasaan yang meliputi penyusunan kalimatnya, tanda baca, dan huruf besar/kecil. Menurut kelompok penulisan Teks Biografi dari siswa pertama yang benar adalah :

BIOGRAFI FERNANDA NUR AZZAHRA

Fernanda Nur Azzahra, lahir di Pasuruan, 22 Februari 2005. Saat ini ia duduk di bangku SMA kelas 10 semester 2, tepatnya di SMA Negeri 4 Pasuruan. Selain kesibukan sekolah, ia juga mengikuti beberapa organisasi yaitu AMBALAN dan Saka Bhayangkara. Sebelum menginjak SMA, ia menempuh pendidikan di SMP Negeri 8 Pasuruan. Semasa SMP ia sering mengikuti lomba olimpiade  matematika.

 
 

 

 

 

 

 

 


Penulisan Pertama Menurut Kelompok

BIOGRAFI FAWATIHUL ISNAYNI LAILA

Fawatihul Isnayni Laila, lahir di Pasuruan, 29 September 1997. Jenjang pendidikan yang pernah dilalui yaitu SD Negeri Tembokrejo 2 Pasuruan, SMP Negeri 2 Pasuruan, MA Negeri Kota Pasuruan, dan Perguruan Tinggi Universitas Malang. Saat ini ia bekerja di suatu perusahan yang ada di Pandaan.

 

 
 

 

 

 

 

 

 


Penulisan Kedua Menurut Kelompok

 

BAB IV

PENUTUP

3.1       KESIMPULAN

Dalam penelitian yang akan dilakukan, sebelum menulis judul penelitian kita harus tahu dulu masalah apa yang akan diangkat untuk penelitian dan akan dijadikan judul. Judul diambil dari masalah penelitian yang kita temuia. Sebagai contoh, kita akan meneliti salah satu sebuah karya sastra dengan rana fonologi. Namun dalam karya tersebut tidak ditemukan kesalahan fonologi dalam penulisan, dengan artian tidak akan masalah. Tetapi kita tetap menggunakan masalah itu untuk judul penelitian dengan menggunakan karya sastra itu juga, hal itu tidak diperbolehkan. Kita bisa pindah ke karya sastra yang lain namun tetap menggunakan penelitian rana fonologi. Dan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa siswa SMA khususnya kelas 1 semester 2 masih belum dapat memahami teks biografi dengan benar dan mereka masih memiliki kesalahn dalam kebahasaan.

 

3.2       SARAN

1.      Bagi Mahasiswa

Dalam penulisan makalah “Memahami Masalah Penelitian, Judul Penelitian, dan Merumuskan Judul sesuai dengan Masalah : Analisis Kesalahan Makna Dan Kebahasaan Pada Penulisan Teks Biografi Siswa Sma Kelas I Semester II”, penulis mengharapkan agar seluruh mahasiswa mampu memahami seputar masalah penelitian, judul penelitian, dan dapat merumuskan judul sesuai dengan masalah yang akan diangkat.

2.      Bagi Dosen

Dalam penulisan makalah “Memahami Masalah Penelitian, Judul Penelitian, dan Merumuskan Judul sesuai dengan Masalah : Analisis Kesalahan Makna Dan Kebahasaan Pada Penulisan Teks Biografi Siswa Sma Kelas I Semester II” penulis menyarankan kepada dosen pengampu mata kuliah Penelitian BI dan Pengajarannya Bapak Dr. Bayu Firmasnyah, S.S, M.Pd agar dapat memberi bimbingan kepada mahasiswa agar makalah dapat dikerjakan sesuai dengan instruksi yang diberikan.

 

3.      Bagi Perpustakaan

Dalam penulisan makalah “Memahami Masalah Penelitian, Judul Penelitian, dan Merumuskan Judul sesuai dengan Masalah : Analisis Kesalahan Makna Dan Kebahasaan Pada Penulisan Teks Biografi Siswa Sma Kelas I Semester II”, penulis dituntut untuk mencari sumber dari literature buku. Untuk pengembangan lebih lanjutnya perpustakaan harus menyediakan buku lebih lengkap perihal materi Penelian BI dan Pengajarannya.


 

DAFTAR RUJUKAN

Brata, S. S. (1995). Metode Penelitian. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Erika, S. (n.d.). Judul Penelitian. Academia.edu, 1.

Kurniawan, A. (2021, April 4). Guru Pendidikan. Retrieved from Teks Biografi: https://www.gurupendidikan.co.id/teks-biografi/

Rokhman, T. (2019, October 6). Retrieved from Wordpress: https://taufiqurrokhman.wordpress.com/2019/10/06/bagaimana-cara-merumuskan-masalah-penelitian/

Stoner, J. A. (1982). Management, Prentice/Hall International. New York: Englewood Cliffs.

Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA, cv.

Syamsi. (2016). Definisi Masalah dan Penelitian. Academia.edu, 1.

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS KEPRIBADIAN PENGARANG PADA MUSIKALISASI PUISI SAPARDI DJOKO DAMONO – HUJAN BULAN JUNI dan L MACHALI – PESISIR SANG KEKASIH

BIODATA ALFA JULIA-SMK PGRI 2 PASURUAN

PERTANYAAN KELOMPOK 9 ANGGAPAN DASAR DAN HIPOTESIS SERTA MERUMUSKAN ANGGAPAN DASAR DAN HIPOTESIS