MEMAHAMI MASALAH PENELITIAN, JUDUL PENELITIAN, DAN MERUMUSKAN JUDUL SESUAI DENGAN MASALAH : ANALISIS KESALAHAN MAKNA DAN KEBAHASAAN PADA PENULISAN TEKS BIOGRAFI SISWA SMA KELAS I SEMESTER II
MEMAHAMI MASALAH PENELITIAN, JUDUL PENELITIAN, DAN
MERUMUSKAN JUDUL SESUAI DENGAN MASALAH : ANALISIS KESALAHAN MAKNA DAN
KEBAHASAAN PADA PENULISAN TEKS BIOGRAFI SISWA SMA KELAS I SEMESTER II
Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Penelitian BI dan
Pengajarannya
Dosen Pembimbing:
Dr. Bayu Firmansyah, S.S., M.Pd
Disusun oleh
Kelompok 5 :
1.
Seta Pratama Whiharja (17188201024)
2.
Muhammad Afifi H. (18188201006)
3.
Alfa Julia (18188201008)
4.
Siti Nur Salama (18188201010)
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
ANGKATAN 2018 A
FAKULTAS PEDAGOGI DAN PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PGRI WIRANEGARA
PASURUAN
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat-Nya
sehingga penelitian ini dapat tersusun hingga selesai. Tidak lupa kami
juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari pihak yang telah
berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik materi maupun pikiran.
Dan harap kami semoga makalah ini
dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca. Untuk kedepannya
dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik
lagi.
Karena keterbatasan pengetahuan
maupun pengalaman kami, kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini.
Oleh karena itu kami sangat mengharap saran dan kritik yang membangun dari
pembaca demi kesempurnaan makalah ini.
Pasuruan, April 2021
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR..................................................................................................... i
DAFTAR ISI.................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN................................................................................................ 1
1.1 LATAR
BELAKANG............................................................................................. 1
1.2 RUMUSAN
MASALAH........................................................................................ 1
1.3 TUJUAN.................................................................................................................. 1
1.4 METODE
PENELITIAN........................................................................................ 2
BAB II KAJIAN TEORI................................................................................................. 3
2.1 PENGERTIAN MASALAH
PENELITIAN.......................................................... 3
2.2 PENGERTIAN
JUDUL PENELITIAN................................................................. 3
2.3 RUMUSAN
JUDUL SESUAI MASALAH........................................................... 4
2.4 PENGERTIAN
TEKS BIOGRAFI........................................................................ 5
BAB III ANALISIS.......................................................................................................... 6
3.1 DATA
ANALISIS................................................................................................... 6
3.2 PEMBAHASAN
DATA ANALISIS..................................................................... 6
BAB IV PENUTUP......................................................................................................... 8
4.1 KESIMPULAN....................................................................................................... 8
4.2 SARAN.................................................................................................................... 8
DAFTAR
PUSTAKAN.................................................................................................. 10
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Tak jarang kita
menemukan hasil penelitian dan peneliti-peniliti di belahan dunia ini.
Penelitian bisa berupa penelitian bahasa, penelitian tentang usia, dan
sebagainya. Namun tak banyak masyarakat yang tertarik untuk membaca hasil
penelitian yang dilakukan.
Dikarenakan tidak
adanya kesesuaian antara judul dan masalah yang diangkat dalam penulisan
penelitian. Hal itu akan membuat masyarakat enggan membaca dan mendapatkan
kesulitan referensi. Padahal judul ditulis dengan keseuaian masalah yang
didapat dari penelitian yang dilakukan.
Makalah ini penulis
akan mengajak para pembaca untuk memahami tentang masalah penelitian, judul
penelitian, dan merumuskan judul sesuai dengan masalah penelitian. Tak hanya
itu saja, penulis juga mencantumkan hasil penelitian yang dilakukan yaitu
tentang analisis kesalahan makna dan kebahasaan pada penulian teks biografi
yang dilakukan oleh anak SMA kelas 1 semester 2.
1.2 RUMUSAN MASALAH
1. Apa yang dimaksud dengan masalah penelitian?
2. Apa yang dimaksud dengan judul penelitian?
3. Bagaimanakan meruskan judul dari masalah penelitian?
4. Apa yang dimaksud dengan teks biografi?
5. Bagaimanakah analisi yang dilakukan kepada anak SMA kelas
1 semester 2 tentang penulisan teks biografi?
1.3 TUJUAN
1. Pembaca mampu memahami pengertian masalah penelitian.
2. Pembaca mampu memahami pengertian judul penelitian.
3. Pembaca mampu merumuskan judul sesuai masalah penelitian.
4. Pembaca dapat memahami pengertian teks biografi.
5. Pembaca dapat memahami bagaimana penulisan teks biografi
yang dilakukan oleh anak SMA kelas 1 semester 2.
1.4 METODE PENELITIAN
Metode penelitian
merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan
tertentu. Terdapat empat kunci yang perlu diperhatikan yaitu, cara ilmiah,
data, tujuan, dan kegunaan. Cara ilmiah
berarti kegiatan penelitian didasarkan pada ciri-ciri keilmuan, yaitu rasional,
empiris, dan sistematis. Data yang
diperoleh melalui penelitian adalah data empiris yang mempunyai kriteria
tertentu yaitu valid. Valid menunjukkan ketepatan antara dua dat yang
sesungguhnya terjadi pada objek dengan data yang dapat dikumpulkan oleh
peneliti.Setiap penelitian memiliki tujuan dan kegunaan tertentu. Tujuan penelitian memiliki tiga macam yaitu, bersifat
penemuan, pembuktian, dan pengembangan.
Dalam penelitian
yang dilakukan pada kelompok menggunakan metode penelitian kualitatid. Metode
kualitatif adalah metode penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan
pada kondisi yang alamiah, disebut juga sebagai metode etnopgraphi, karena pada
awalnya metode ini lebih banyak digunakan untuk penelitian bidang antropologi
budaya; disebut juga sebagai metode kualitatif, karena data yang terkumpul dan
analisisnya lebih bersifat kualitatif.
Metode kualitatif
digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data yang mengandung
makna. Makna adalah data yang sebenarnya, data yang pasti yang merupakan suatu
nilai di balik data yang tampak. Metode kualitatif adalah metode penelitian
yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada
kondisi objek yang alamiah, dimana penelitian adalah sebagai intrumen kunci,
teknik pengumpulan data dilakukan secara trangulasi, analisis data bersifat
induktif / kualitatif, dan hasil penelitian kualitataif lebih menekankan makna
dari pada generelisasi (Sugiyono, 2016).
BAB II
KAJIAN TEORI
2.1 PENGERTIAN
MASALAH PENELITIAN
Masalah penelitian
secara umum dapat diartikan sebagai suatu kesenjangan antara yang seharusnya
dengan apa yangg terjadi tentang suatu hal, atau antara kenyataan yang ada
dengan yang seharusnya ada serta antara harapan dan kenyataan.
Menurut (Stoner, 1982)
masalah-masalah dapat diketahui atau dicari apabila terdapat penyimpangan
antara pengalaman dengan kenyataan, antara apa yang direncanakan dengan
kenyataan, adanya pengaduan, dan kompetensi. menurut (Brata, 1995) masalah
merupakan kesenjangan antara harapan dengan kenyataan, antara kebutuhan dengan
yang tersedia, antara yang seharusnya dengan yang ada. Penelitian dimaksudkan
untuk menutup kesenjangan.
Menurut John Dewey
dan Kerlinger secara terpisah memberikan penjelasan mengenai masalah berupa
kesulitan yang dirasakan olehorang awam maupun seorang penliti. Kesulitan ini
menghalangi tercapau sebuah tujuan baik itu tujuan individu maupun kelompok.
Masalah dalam penelitian dieskpresikan dalam bentuk kalimat tanya bukan kalimat
pertanyaan.
Dapat disimpulkan
bahwa masalah penelitian adalah pernyataan menganai keterkaitan antara dua atau
lebih variabel yang penemuan jawabannya dilakukan dengan melakukan bukti –
bukti (Syamsi,
2016).
2.2 PENGERTIAN
JUDUL PENELITIAN
Judul penelitian
merupakan pencerminan dari tujuan penelitian. Oleh karena tujuan penelitian itu
dirumuskan dari masalah penelitian, atau dengan kata lain, tujuan penelitian
itu merupakan merupakan jawaban sementara dari pertanyaan-pertanyaan
penelitian, maka judul penelitian juga mencerminkan masalah penelitian di dalam
merumuskan sebuah judul.
Judul penelitian
merupakan identitas atau cermina jiwa dari sebuah penelitian. Judul penelitian
berupa kalimat pertanyaan ayang terdiri dari kata-kata yang konkrit, jelas,
seingkat, deskriptif (berkaitan atau berurutan). Dalam membuat judul penelitian
hendaknya bersifat menjelaskan diri, menarik sehingga orang langsung dapat
menduga materi dan masalah apa yang akan diteliti, dapat memberikan gambaran
global tentang arah, maksud, tujuan, dan ruang lingkup penelitian. Judul
penelitian pada hakekatnya merupakan gambaran conceptual framework suatu penelitian.
Fungsi utama dari
judul penelitian bagi penulis atau peneliti adalah sebagai kompas dalam
melakukan penelitian. Sedangkan bagi pembaca, fungsi utama judul penlitian
adalah menunjukkan hakekat daripada objek penelitian, wilayahnya serta metode
yang dipergunakan dalam melakukan penelitian atau menyusun tulisan.
Syarat-syarat dari
judul harus bisa menarik minat peneliti, judul yang menarik dan dimintai oleh
peneliti akan memberikan motivasi tersendiri bagi penliti untuk melakukan
penelitihan selanjutnya. Mampu dilaksanakan oleh peneliti yaitu judul yang
mudah dilaksanakan oleh penliti akan memperlancar dalam proses penelitian
sehingga hambatan selama dalam penelitian dapat diatasi dengan mudah,
mengandung kegunaan praktis dan penting untuk diteliti. Judul seharusnya dapat
dimanfaatkan dalam pengembangan ilmu dan hasilnya dapat memberikan manfaat bagi
masyarajat. Cukup tersedia data. Judul hendaknya memungkingkan tersedianya data
yang dapat memudahkan para peneliti sehingga tidak membebani dalam proses (Erika).
2.3 RUMUSAN
JUDUL SESUAI MASALAH
Perumusan masalah
merupakan titik tolak bagi perumus hipotesis nantinya, dan dari rumusan masalah
dapat menghasilkan topik penelitian atau judul dari penelitian. Umunya rumusan
masalah harus dilakukan dengan kondisi berikut :
a)
Masalah
biasanya dirumuskan dalam bentuk pertanyaan
b)
Rumusan
hendaklah jelas dan padat
c)
Rumusan
masalah harus berisi implikasi adanya data untuk memecahkan masalah
d)
Rumusan
masalah harus merupakan dasar dalam membuat hipotesis
e)
Masalah
harus menjadi dasar bagi jusul penelitian
Dalam memilih
masalah, perlu dihindari masalah serta rumusan masalah yang terlalu umum,
terlalu sempit, terlalu bersifat lokal ataupun terlalu argumentatif.
Variabel-variabel
penting dalam rumusan masalah harus diperhatikan benar-benra. Ada dua jalan
untuk memformulasikan masalah. Pertama, dengan menurunkan masalah dari teori
yang telah ada, seperti masalah pada penelitian eksperimental. Cara lain adalah
dari observasi langsung di lapangan seperti yang sering dilakukan oleh ahli-ahli
sosiologi. Jika masalah diperoleh di lapangan, maka sebaiknya juga
menghubungkan masalah tersebut dengan teori-teori yang telah ada, sebelunya
masalah tersebut diformulasikan. Ini bukan berarti bahwa penelian yang tidak
didukung oleh suatu teori tidak berguna sama sekali, karena ada kalanya
penelitian tersebut dapat menghasilkan dalil-dalil dan dapat membentuk sebuah
teori.
Masalah sebenarnya
adalah hal yang pertama dipikirkan oleh peneliti-peneliti ketika merencanakan
proek penelitiannya. Walaupun di atas kertas, yang pertama muncul adalah judul
dan pendahuluan, tetapi yang lebih dahulu timbul pada penelitian adalah masalah
penelitian (Rokhman, 2019).
2.4 PENGERTIAN
TEKS BIOGRAFI
Teks biografi
adalah suatu tulisan yang mengulas mengenai kehidupan seseorang atau cerita
hidup seseorang selama ia masih hidup. Biografi singkat hanya mengulas mengenai
kenyataan-kenyataan yang terjadi di dalam kehidupan seseorang dan fungsi
pentingnya kepada lingkungan. Biografi ialah suatu buku yang menjelaskan
peristiwa-peristiwa yang sedang atau telah dialami oleh seseorang.
Melalui biografi
itu kita bisa menemukan sebuah komunikasi atau hubungan, selain dari menemukan
sebuah hubugan, kita juga bisa mendapatkan keterangan atau juga penjelasan dari
suatu tindakan dan juga misteri yang meliputi kehidupan seseorang (Kurniawan,
2021).
BAB III
ANALISIS
Penelitian bertumpuh pada KI 3 (Pengetahuan) yang berbunyi "Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi , seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menrapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah", KD Bahasa Indonesia SMA Kelas 10, yaitu KD 3.15
yang berbunyi “Menganalisis Aspek Makna dan Kebahasaan dalam Teks Biografi”. KI dan KD SMA kelas 1 semester 2 ini masuk ke dalam K13.
Dalam pelakasanaan penelitian, kelompok mengambil 1 siswa SMA kelas 10 semester
2. Dalam penelitian, kelompok menggunakan metode kualitatif. Proses penelitian
yang dilakukan :
1.
Bertanya
terlebih dahulu kepada siswa apakah dia tahu tentang teks biografi dan diminta
untuk menjelaskannya
2.
Siswa
diminta untuk membuat teks biografi tentang diri sendiri
3.
Hasil
dari penulisan teks biografi di cek dan apabila ada kesalahan maka diminta
kembali untuk membuat teks biografi orang lain. Bisa dari orang tua, kerabat,
dan sebagainya yang mereka kenal.
4.
Dalam
penyampaian kesalahan, kelompok menggunakan metode ceramah. Hal itu tijukan
untuk memberitahui bagian mana saja yang salah dan bagaimana yang benar.
Pastinya pembenaran yang berhubungan dengan makna dan kebahasaan.
5.
Setelah
membuat teks biografi yang kedua, tulisan akan di cek dan apabila tidak ada
kesalahan maka dapat dipastikan siswa tersebut telah faham bagaimana menulis
teks biografi terutama dari segi makna dan kebahasaan.
3.1 DATA ANALISIS
|
Penulisan pertama
|
Penulisan Kedua
3.2 PEMBAHASAN
DATA ANALISIS
Dari analisis
penulisan teks biografi yang dilakukan siswa pertama pada penulisan pertama dan Penulisan
Kedua, tidak ada kesalahan dalam segi makna, namun memiliki kesalahan dalam
segi kebahasaan yang meliputi penyusunan kalimatnya, tanda baca, dan huruf
besar/kecil. Menurut kelompok penulisan Teks Biografi dari siswa pertama yang
benar adalah :
|
Penulisan Pertama
Menurut Kelompok
|
Penulisan Kedua
Menurut Kelompok
BAB IV
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Dalam penelitian yang akan dilakukan, sebelum menulis
judul penelitian kita harus tahu dulu masalah apa yang akan diangkat untuk
penelitian dan akan dijadikan judul. Judul diambil dari masalah penelitian yang
kita temuia. Sebagai contoh, kita akan meneliti salah satu sebuah karya sastra
dengan rana fonologi. Namun dalam karya tersebut tidak ditemukan kesalahan
fonologi dalam penulisan, dengan artian tidak akan masalah. Tetapi kita tetap
menggunakan masalah itu untuk judul penelitian dengan menggunakan karya sastra
itu juga, hal itu tidak diperbolehkan. Kita bisa pindah ke karya sastra yang
lain namun tetap menggunakan penelitian rana fonologi. Dan penelitian yang
dilakukan dapat disimpulkan bahwa siswa SMA khususnya kelas 1 semester 2 masih
belum dapat memahami teks biografi dengan benar dan mereka masih memiliki
kesalahn dalam kebahasaan.
3.2 SARAN
1.
Bagi
Mahasiswa
Dalam penulisan makalah “Memahami Masalah Penelitian,
Judul Penelitian, dan Merumuskan Judul sesuai dengan Masalah : Analisis
Kesalahan Makna Dan Kebahasaan Pada Penulisan Teks Biografi Siswa Sma Kelas I
Semester II”, penulis mengharapkan agar seluruh mahasiswa mampu memahami
seputar masalah penelitian, judul penelitian, dan dapat merumuskan judul sesuai
dengan masalah yang akan diangkat.
2.
Bagi
Dosen
Dalam penulisan makalah “Memahami Masalah Penelitian,
Judul Penelitian, dan Merumuskan Judul sesuai dengan Masalah : Analisis
Kesalahan Makna Dan Kebahasaan Pada Penulisan Teks Biografi Siswa Sma Kelas I
Semester II” penulis menyarankan kepada dosen pengampu mata kuliah Penelitian
BI dan Pengajarannya Bapak Dr. Bayu Firmasnyah, S.S, M.Pd agar dapat memberi
bimbingan kepada mahasiswa agar makalah dapat dikerjakan sesuai dengan
instruksi yang diberikan.
3.
Bagi
Perpustakaan
Dalam penulisan makalah “Memahami Masalah Penelitian,
Judul Penelitian, dan Merumuskan Judul sesuai dengan Masalah : Analisis
Kesalahan Makna Dan Kebahasaan Pada Penulisan Teks Biografi Siswa Sma Kelas I
Semester II”, penulis dituntut untuk mencari sumber dari literature buku. Untuk
pengembangan lebih lanjutnya perpustakaan harus menyediakan buku lebih lengkap
perihal materi Penelian BI dan Pengajarannya.
DAFTAR RUJUKAN
Brata, S. S.
(1995). Metode Penelitian. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Erika, S. (n.d.).
Judul Penelitian. Academia.edu, 1.
Kurniawan, A.
(2021, April 4). Guru Pendidikan. Retrieved from Teks Biografi:
https://www.gurupendidikan.co.id/teks-biografi/
Rokhman, T. (2019,
October 6). Retrieved from Wordpress:
https://taufiqurrokhman.wordpress.com/2019/10/06/bagaimana-cara-merumuskan-masalah-penelitian/
Stoner, J. A.
(1982). Management, Prentice/Hall International. New York: Englewood
Cliffs.
Sugiyono, P. D.
(2016). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).
Bandung: ALFABETA, cv.
Syamsi. (2016).
Definisi Masalah dan Penelitian. Academia.edu, 1.
Komentar
Posting Komentar