RANGKUMAN KELOMPOK 6 REALIABILITAS ALAT UKUR DALAM ASESMEN BAHASA
RANGKUMAN EVALUASI PEMBELAJARAN
BI
REALIABILITAS
ALAT UKUR DALAM ASESMEN BAHASA
Tugas Diajukan Guna Memenuhi Nilai Mata Kuliah Evaluasi
Pembelajaran BI
Semester 6
Dosen Pengampuh:
Dr. M. Bayu Firmansyah, S.S., M.Pd
ALFA JULIA (18188201008)
PENDIDIKAN
BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
ANGKATAN
2018 A
FAKULTAS
PEDAGOGI DAN PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PGRI WIRANEGARA
Reabilitas merupakan kriteria ukuran apakah suatu alat ukur dapat mengukur
secara konsisten sesuatu yang akan diukurdari waktu ke waktu. Suatu alat ukur
seperti tes dikatakan memiliki
reliabilitas atau keterandalam bilamana tes tersebut dipakai mengukur
berulang-ulang hasilnya sama.
Reabilitas memiliki beberapa jenis, yaitu : 1) Reliabilitas Stabil, reliabilitas ini mengacu pada waktu. 2) Reliabilitas Terwakili,mengacu pada
keterandalam masing-masing kelompok. 3) Reliabilitas
Seimbang, menerapkan banyak indikator yang dapat dioperasikan ke semua
konsepsi pengukuran, sehingga kesetaraan kendalan akan penggunaan dan instrumen
untuk mengukur konsep yang sama pada tingkat kesulitan yang dama kemudian bias
menentukan rebiel dengan hubungan dan dikenal dengan hubungan antara variabel
bebas.
Tah hanya jenis reliabilitas, ia juga mempunyai macam-macam, yaitu : 1. Reliabilitas Konsistensi Tanggapa, dan 2. Reliabilitas
Konsistensi. Ada beberap hal yang berhubungan dengan Tercoba mpengarhui hasil
tes, yaitu :1) Hal yang Berhubungan
dengan Tes Itu Sendiri, 2) Hal yang Berhubungan dengan Tercoba, dan 3) Hal yang
Berhubungan dengan Penyelenggaraann Tes.
Komentar
Posting Komentar